Artikel

Artikel (2)

Kamis, 07 Januari 2021 18:26

NodeMCU

By

1. Sejarah dan Pengertian NodeMCU

    NodeMCU versi 0.9 diluncurkan pada 13 Oktober 2014 oleh user bernama Hong pada GitHub setahun setelah diproduksinya ESP8266 pada 30 Desember 2013. ESP8266 merupakan SoC yang memiliki module wifi sebagai perangkat tambahan mikrokontroller agar dapat terhubung dengan wifi dan membuat koneksi TCP/IP.

    NodeMCU merupakan sebuah platform IoT yang bersifat open source dan juga include dengan module ESP 12, dan berjalan pada firmware esp8266 yang menjadikan NodeMCU sebuah mikrokontroller yang telah dilengkapi dengan module Wifi didalamnya.

   Seiring perkembangan teknologi, berbagai fasilitas umum telah dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses kepada penggunanya. Dari beragam kemudahan akses yang dirasakan saat ini, salah satu contohnya adalah adanya penggunaan kartu pintar untuk berbagai hal. Contoh sederhananya yaitu kartu ATM, kartu untuk sistem pembayaran, dan berbagai penerapan lainnya. Kartu pintar tersebut menggunakan teknologi yang bernama RFID (Radio Frequency Identification).

   RFID adalah teknologi yang berkembang pesat seiring perkembangan penggunaannya dalam berbagai bidang. Sesuai dengan namanya, RFID menggunakan gelombang dengan frekuensi radio dalam proses transmisi datanya. Proses transmisi data yang terjadi berlangsung secara nirkabel di antara dua komponen yang dikombinasikan pada perangkatnya, yaitu RFID tag dan RFID reader. Biasanya penggunaan RFID ini dengan menggunakan suatu kartu yang di kartu tersebut ditanamkan RFID tag. RFID dengan objek berupa kartu seperti inilah yang banyak ditemukan penerapannya di berbagai bidang, seperti industri, perusahaan, rumah sakit, hotel, dan lain sebagainya. Kemajuan teknologi membuat segala hal dipermudah, di mana dengan teknologi RFID ini proses identifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan pembacaan data dan informasi dari tag. Dalam jurnal ini akan dibahas lebih lanjut mengenai penerapan RFID dalam kehidupan saat ini, yang akan dijabarkan melalui penjelasan mulai dari definisi, cara kerja, komponen-komponen, hingga pengimplementasiannya.