Paintable Wire: Cat Konduktif Elektrik

Image result for bare conductive

 

Bayangkan jika Anda bisa mengecat sakelar lampu kerja langsung ke dinding Anda, tanpa perlu soket atau kabel.

Sekelompok siswa dari Royal College of Art (RCA) di London telah memungkinkan dengan membuat cat konduktif secara elektrik.

Cat bertindak sebagai bentuk kabel cair. Tidak seperti kabel konvensional, cat ini dapat diterapkan pada hampir semua permukaan, termasuk kertas, plastik, logam dan bahkan kain sehingga dapat menghubungkan tanpa kabel serta dapat melukis sesuai dengan sirkuit arus listrik. Sifatnya yang cair seperticat air lainnya maupun tidak menimbulkan bau atau racun menjadi penghantar yang mudah dengan kekuatanarus listrik yang disesuaikan ketentuan yang berlaku.

 

Produk ini memiliki penampilan dan konsistensi marmite yang berair, tetapi cat akan cepat kering ketika terkena udara. Penemunya, lulusan RCA Isabel Lizardi, Matt Johnson, Bibi Nelson dan Becky Pilditch, menyebut kreasi mereka "Bare Paint." Meskipun mereka tidak mengklaim sebagai kelompok pertama yang menemukan tinta konduktif, mereka merintis cara baru untuk menggunakannya.

Saat ini, toples dan pena Bare Paint dijual di Internet dan disimpan oleh toko elektronik Radio Shack di seluruh Amerika Serikat. Proyek yang sedang dilakukan oleh pengguna Bare Paint mencakup segala sesuatu mulai dari roda warna interaktif hingga mainan listrik buatan sendiri.

Johnson mengatakan bahwa cat konduktif membuka banyak peluang kreatif. Ketika cat konduktif menjadi semakin umum, kita dapat menantikan masa depan yang di mana papan iklan dapat berbicara kembali, dindingnya interaktif, dan kartu ucapan menjadi hidup di tangan kita.

"Perangkat tidak lagi harus terlihat berteknologi tinggi untuk menjadi teknologi tinggi," kata Johnson. "Tujuan kami adalah menempatkan interaktivitas ke objek yang tidak Anda harapkan."

 

 

Sumber :

http://edition.cnn.com/2013/05/23/tech/innovation/bare-electrically-conductive-paint/index.html

video

https://www.youtube.com/watch?v=4HdRGaZ0bIQ

 

Read 3114 times